Laptop Baru, Cepat Panas ?

Laptop Baru, Cepat Panas ?
Laptop Baru, Cepat Panas ?
Tempat Untuk Iklan


Begini lah nasib kalau kerjaan dilakukan semua di depan laptop, hampir setiap hari saya di depan laptop, kira kira 8 jam sehari saya menghabiskan waktu dengan laptop, apapun itu, seperti mengetik, entri data, browsing,coding, atau pun facebookan.

Tapi entah mengapa sudah tiga hari ini laptop mendadak panas dan mati, jika di lihat lagi, laptop saya dalam kondisi baru, baru sekitar beberapa bulan yang lalu saya beli. kenapa cepat panas, dan tiba tiba mati , lagi asyik asyik nya ngerjain skripsi atau tugas kantor, langsung laptop padam seketika malahan kerjaan belom di save lagi. jadi harus ulang dari awal.

Udah kesana kemari mencari solusi melalui googling dan tanya rekan sana sini, mereka bilang penyakit nya di RAM, padahal Laptop saya baru saja beli, masih running, ad juga yang mengatakan kipas nya tersumbat karena debu yang menempel lagi lagi saya tepis sangkaan orang itu.

Saya telusuri lebih dalam lagi ternyata ada suatu hal mungkin ini dikatakan sepele, ketika laptop nonstop digunakan lebih dari 5 jam pemakaian, mungkin seharusnya di istirahat kan , atau di kasih mode log off.
tapi itu tidak sama sekali mempengaruhi prosesor. 

Baru saya ingat ternyata yang membuat kondisi laptop saya cepat panas itu ada dua hal :
1. Media atau alas yang saya gunakan untuk bekerja , saya menggunakan alas kaca, itu dapat menghambat aliran udara dan panas keluar. mau gak mau saya lepas alas nya, saya ganti dengan meja kayu.

2. Software yang terlalu banyak yang saya instal, seperti Firebird, MYOB, dan Web Server yang memakan RAM dan Memberatkan Prosesor, walaupun aplikasi ini tidak sedang saya gunakan, dia akan terus on dalam keadaaan standby, untuk itu matikan saja sementara melalui Auto End Task.


Tips tambahan dari saya , usahakan lah laptop diberi Padding Cooler, murah kok sekitar 50 Ribuan Harga nya, dan usahakan memperhatikan sirkulasi udara sekitar. jangan ditaruh beralaskan kaca atau bantal.

Juga Perhatikan dengan teliti Proses Running Aplikasi yang anda install di komputer, apakah memakan CPU usage dan RAM seharusnya matikan saja sementara menggunaka Auto End Task di Task Manager.

Terima Kasih

Tempat Untuk Iklan

2 Komentar